Teknik Dasar Photography

Ada beberapa teknik dasar photography, diantaranya adalah:

1. Focus

Fokus adalah titik ketajaman sebuah gambar. Untuk dapat menghasilkan gambar ini, anda harus menentukan diafragma lensa dibukaan besar atau senilai F1,2 - F3,8 (tergantung jenis lensa yang anda gunakan). Biasanya teknik ini untuk menghasilkan sudut pandang tertentu, untuk menonjolkan/mengarahkan perhatian.

Untuk dapat mengambil gambar yang fokus seperti di bawah ini, anda harus mengatur nilai F di angka terbesar, tahan tombol shutter (tombol jepret), atur ke auto fokus( manual fokus lebih ribet), setelah anda yakin, langsung saja tekan tombol shutter sampai kamera merekam gambar dan menyimpannya kedalam memory card.


2. Zoom

Adalah teknik mengambil gambar menggunakan lensa zoom. Caranya, tahan sebentar tombol shutter,  zoom in/zoom out lalu tekan tombol shutter secepatnya.



3. Pan

Pan atau panning, adalah teknik mengambil gambar dengan mengikuti objek yang sedang bergerak, tahan shutter untuk fokus ke target yang akan di foto, ketika sudah yakin, langsung jepret saja.



4. Siluet

Siluet adalah teknik mengambil gambar dengan cara menampilkan gambar bagian background lebih terang dibanding foreground. Cara paling mudah adalah memposisikan kamera di dalam gua dan memotret bagian luar gua.





5. Freezing

Teknik ini memanfaatkan shutter speed tinggi, anda cukup menggunakan shutter diatas 70 dan membidik subjek yang akan anda ambil gambarnya.



6. Bulb

Untuk mendapatkan gambar dengan teknik bulb, cukup anda arahkan shutter speed ke posisi bulb, atau anda arahkan ke menu bulb di kamera, beda kamera pasti beda fitur dan settingan.








7. Macro

Teknik ini untuk mengambil gambar / foto semut. Anda harus menggunakan lensa khusus (lensa makro), atau menggunakan lensa tele dan di zoom in sepenuhnya, atau anda dapat menggunakan lensa 85mm MFT dan arahkan sedekat mungkin ke subjek.

Artikel ini dokumentasi aja ya, bukannya sok pinter. Sayang foto yang saya ambil diumpetin di hardisk.

Terima kasih

No comments:

Powered by Blogger.