November 5, 2009

Web Generasi Ketiga


secara umum, perkembangan teknologi web bisa dikategorikan menjadi 3, yaitu, web 1.0, web 2.0 dan web 3.0.

web 1.0, adalah web generasi era hotmail dan geocities. bentuknya statis, dan kurang interaktif. "web" ini bersifat ‘read only’. cuma bisa dibaca.

web 2.0 adalah "web" yang mulai beranjak canggih, web yang mengenal tag (folksonomy), comment, dan fitur-fitur sharing. facebook masuk dalam kategori ini. demikian juga blog dan situs-situs pertemanan lain. web 2.0 disebut sebagai ‘read-write web’. semua orang bisa ikut mengisi sesuatu di web tersebut, tidak hanya membaca.
yang paling mutakhir, "web 3.0". web yang mulai meninggalkan sistem tag (folksonomy), beranjak ke me-onomy. sebuah web yang sangat narsis. yang ada di page semata-mata tentang lifestream kamu. yang dengan penggunaan yang tepat dapat menjadi alat advertising yang hebat. web 3.0 disebut sebagai portable "personal web". Twitter.com jelas masuk kategori ini.

Banyak yang masih bingung bagaimana menggunakan twitter. wajar. "web 3.0" memang sedikit membingungkan. kadang-kadang membuat penggunanya terlihat seperti maniak yang kesepian :)
tapi ada contoh yang bagus dalam penggunaan "twitter" yang efektif.

seperti misalnya yang dilakukan oleh bolbal (twitter.com/bolbal), menjual kaos Manchester United (MU) yang dibalik lalu disablon #indonesiaunite. Kaos MU itu adalah kaos yang gak lagu gara-gara MU ga jadi ke Indonesia. Bolbal dengan cerdik menggunakan issue #indonesiaunite yang dengan cepat menjadi trend di twitter. jangan tanya deh penjualan kaos mereka. laku keras! :D

atau bisa juga melihat jauh ke washington DC,

ada sebuah usaha makanan keliling, kalau di indonesia, mungkin pakai gerobak, tapi karena di amrik, pakainya mobil Van. nama usaha itu adalah fojol (http://twitter.com/fojolbros), mereka menjual makanan india.

uniknya, fojol tidak mangkal disatu pos. dia bergerak sesuka hati, pembeli lah yang bergerak untuk menemukan mereka. cara menemukan dimana fojol berada, adalah dengan mengikuti update status (tweet), dari twitter.com/fojolbros. Cara unik ini rupanya menarik perhatian warga sono. lagipula, dandanan fojol juga unik. dan yang peling penting, konon, porsi makanan yang disediakan fojol, pas banget buat makan siang.

dua contoh itu menunjukkan, mereka menggunakan media web 3.0 dengan efektif. dan tetunya ada kata kunci untuk "web 3.0" ini.

be different, be unique, and smart advert strategies, sepertinya itu yang jadi nyawa web 3.0 :)

Sumber : http://teknologi.kompasiana.com/2009/10/28/web-generasi-ketiga/

No comments:

Post a Comment